Salah satu tahap yang sangat penting dalam bisnis adalah menentukan harga jual produk. Ada banyak review pastinya tentang hal ini di internet, saya hanya ingin menambahkannya menurut versi saya yang berlatar belakang sebagai pedagang retail toko pakaian/sepatu.
Secara umum, agar bisnis diterima pelanggan dengan baik harus memperhatikan 3 hal: Pelayanan yang baik, produk berkualitas, dan harga yang bersaing. Jika ketiga hal tersebut tetap kita jaga, bisnis niscaya akan bertahan dan berkembang.
Pelayanan yang baik bisa diterjemahkan dengan selalu ramah dan informatif kepada pelanggan, berusaha memberikan solusi dari setiap permintaan pelanggan, tempat usaha yang nyaman, tata letak/ setting toko yang menarik etc yang tentunya situasional berdasarkan jenis bisnis yang ditekuni.
Produk yang berkualitas akan membuat pelanggan setia untuk berbelanja lagi. Selalu beri pelanggan dengan produk yang baik, jangan diberi barang 'cacat', dan kalaupun terpaksa menawarkan barang yang sedikit cacat, berikan informasi tersebut kepada pelanggan, mungkin saja pelanggan masih mau walau kita juga berkonsekwensi memotong harga.
Harga yang bersaing pada akhirnya menjadi kunci dari bisnis kita. Yang dimaksud dengan harga yang bersaing menurut saya adalah penentuan harga jual produk yang dipandang pelanggan sebagai harga wajar, tidak dipandang termurah, apalagi termahal, dan dengan harga tersebut bisnis kita tetap bertahan, bahkan menjadi berkembang.
Secara umum, agar bisnis diterima pelanggan dengan baik harus memperhatikan 3 hal: Pelayanan yang baik, produk berkualitas, dan harga yang bersaing. Jika ketiga hal tersebut tetap kita jaga, bisnis niscaya akan bertahan dan berkembang.
Pelayanan yang baik bisa diterjemahkan dengan selalu ramah dan informatif kepada pelanggan, berusaha memberikan solusi dari setiap permintaan pelanggan, tempat usaha yang nyaman, tata letak/ setting toko yang menarik etc yang tentunya situasional berdasarkan jenis bisnis yang ditekuni.
Produk yang berkualitas akan membuat pelanggan setia untuk berbelanja lagi. Selalu beri pelanggan dengan produk yang baik, jangan diberi barang 'cacat', dan kalaupun terpaksa menawarkan barang yang sedikit cacat, berikan informasi tersebut kepada pelanggan, mungkin saja pelanggan masih mau walau kita juga berkonsekwensi memotong harga.
Harga yang bersaing pada akhirnya menjadi kunci dari bisnis kita. Yang dimaksud dengan harga yang bersaing menurut saya adalah penentuan harga jual produk yang dipandang pelanggan sebagai harga wajar, tidak dipandang termurah, apalagi termahal, dan dengan harga tersebut bisnis kita tetap bertahan, bahkan menjadi berkembang.
No comments:
Post a Comment