Thursday, 16 March 2017

Lama Return Shopee ke Limit Kartu Kredit

Salah satu hal yang kadang tidak bisa dihindari dalam belanja melalui marketplace adalah proses return. Return bisa terjadi karena seller kehabisan stok, barang yang dikirim salah, cacat, atau sebab lain.

Proses return dalam bentuk dana dikembalikan oleh marketplace sesuai dengan cara kita membayar sewaktu membuat order. Jika dengan metode transfer, dana akan dikembalikan ke rekening kita. Sedang, jika menggunakan kartu kredit, dana akan dikembalikan ke limit kartu kredit kita.

Lama proses return biasanya 1-2 hari jika menggunakan rekening, sedang jika menggunakan kartu kredit butuh 2 tahap, yaitu: 1-2 hari return dana marketplace ke bank penerbit kartu kredit, dan 7-14 hari kerja dari bank penerbit ke limit kartu kredit kita. Setidaknya seperti itulah kebanyakan keterangan term of service dari marketplace.

Bagaimana praktek di lapangannya, berikut ini saya ceritakan pengalaman saya berbelanja online via marketplace Shopee dengan menggunakan kartu kredit Mastercard Skyz Bank Mandiri.

Tanggal 10 Maret 2017
Saya memesan beberapa item produk melalui Shopee senilai Rp. 364.999,00 free ongkir.

Tanggal 12 Maret 2017
Barang saya terima melalui kurir JNE dan langsung saya cek. Ternyata ada 1 barang yang dikirim tidak sesuai dengan spesifikasi. Saya langsung hubungi seller dan requesh return. Karena sudah langganan, seller menyetujui permintaan return saya dengan ketentuan biaya return saya yang menanggung.

Tanggal 13 Maret 2017
Saya return ke alamat seller via kurir Wahana.

Tanggal 14 Maret 2017
Seller menanyakan apakah barang sudah saya kirim. Saya langsung upload bukti resi Wahana dan menjelaskan barang sudah saya kirim kemarin (13 Maret 2017). Berhubung seller sudah menjadi langganan, maka persetujuan return barang di-approve saat itu juga tanpa menunggu barang sampai terlebih dahulu. Bisnis ini kalau sudah saling percaya memang mudah prosesnya.

Tanggal 15 Maret 2017
Muncul notifikasi dari Shopee yang berbunyi seperti ini: "Kami telah mengajukan pengembalian dana sebesar Rp. xxx,- kepada pihak bank. Mohon menunggu 7-14 hari kerja sampai pengembalian masuk ke kartu kredit Anda."

Tanggal 16 Maret 2017
Saya membuka internet banking Mandiri dan mengecek informasi kartu kredit. Hasilnya, limit kartu kredit belum bertambah, return dana ke limit belum terjadi.

Tanggal 17 Maret 2017
Saya membuka internet banking Mandiri dan mengecek informasi kartu kredit. Hasilnya, limit kartu kredit sudah bertambah.

Kesimpulan
Proses pengembalian dana Kartu Kredit Mandiri melalui Shopee melalui 3 tahap. Yaitu:

  1. Tahap pertama adalah persetujuan seller untuk approve permintaan return kita. Biasanya seller akan approve setelah barang yang direturn sudah diterima balik, atau dalam kondisi tertentu (karena sudah langganan dan saling percaya seperti kasus saya) sudah approve sebelum barang diterima.
  2. Tahap kedua, setelah seller approve, Shopee membutuhkan waktu 1-2 hari untuk mengembalikan dana ke bank penerbit. Dalam kasus saya, satu hari sudah diproses.
  3. Tahap ketiga, setelah Shopee mengembalikan dana, bank penerbit butuh waktu secara prosedural 7-14 hari kerja untuk mengembalikan dana ke limit kartu kredit kita. Dalam kasus saya dengan menggunakan kartu Skyz Mandiri cukup 2 hari kerja.

Demikian, semoga bermanfaat.

9 comments:

  1. Artikelnya membantu sekali, terima kasih. Kebetulan saya mengalami pesanan dibatalkan oleh shopee karena penjual belum juga mengirimkan barang n saya juga transaksi menggunakan kartu kredit. Untuk proses pengembalian k limit kredit tersebut apakah saya harus melakukan sesuatu (mengirim email k cs shopee atau yg lainnya) atau menunggu saja n nanti otomatis shopee yg memproses? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdasarkan pengalaman saya (lebih dari 3x return karena suatu sebab), saya hanya menunggu saja dan membiarkan sistem dari Shopee bekerja.

      Delete
  2. Sy jg minta refund via kartu kredit, pd notifikasi sistem shopee dikatakan dana saya sdh dikirim tgl 31/5/17 namun sampai skrg dana belum masuk. Apa notifikasi shopee yg mengatakan dana terkirim itu artinya dana sdh dikirim dari shopee ke bank, atau dana sdh dikirim dr bank ke rek saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayabjuga mengalami persis seperti anda,di notifikasi shopee ada pemberitahuan bahwa dana refund sudah terkirim. Namun sampe saat ini hampir 2 bulan rekening saya belum juga ada penambahan saldo dari refund pembayaran shopee. Mohon bantuannya.

      Delete
  3. makasi artikelnya membantu banget :D

    ReplyDelete
  4. Sy juga refund via kartu kredit citibank, di notifukasi shopee dana uda di transfer tanggal 16 kemaren tapi barusan saya cek limit saya belum bertambah. Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  5. Mau tanya kalau transaksi kartu kredit ada biaya adminnya ga seperti t*k*pedia?

    ReplyDelete
  6. Sama ..sy refund via Kartu Kredit .. udah ada pemberitahuan .. tp limit nggak nambah .. trus minta tagihan koran .. saldo yg kepotong .. tetap di potong da tak ada keterangan klo sdh dikembalikan .. klo bisa ada nggak cara lain supaya tau dananya udah kembali ..selain liat tambhan limit saldo ..makasih

    ReplyDelete
  7. Mau tanya gan saya kemarin sudah pesan produk dari shopee.lewat kertu kredit. Tapi belum ada balasan dari outlet tentang konfirmasi dan pengiriman. Lalu saya proses pembatalan, yg saya tanyakan apakah sudah memotong limit kartu kredit apa belum

    ReplyDelete