Ada yang janggal ketika saya mengecek tagihan kartu kredit via internet banking pagi itu (2 April 2017, red). Tanggal cetak kartu kredit saya adalah setiap tanggal 1, dan biasanya baru bisa terlihat pada tanggal 2. Yang saya lihat janggal adalah: jumlah total tagihan (disebut outstanding ballance) tidak sesuai dengan catatan saya. Saya rajin mencatat setiap penggunaan kartu kredit, tapi kali ini kok totalnya beda.
Saya menghitung ada perbedaan sekitar Rp. 21.736 lebih besar daripada catatan. Saya kembali mengecek penggunaan kartu kredit, mungkin ada catatan yang terlewat. Dua sampai tiga kali saya terus mengcrosscek, tetapi tidak menemui adanya kesalahan di catatan.
Saya sebenarnya bisa menunggu sampai tagihan kartu kredit dikirim via email 3-4 hari lagi untuk memastikan dimana letak penyebab adanya selisih tersebut, tetapi rasa penasaran saya lebih besar daripada kesabaran.
Jumlah Rp. 21.736 ternyata adalah sebesar 0.55% dari total tagihan di catatan. Angka persen yang sangat familiar buat saya sebagai cardholder kartu kredit mandiri. Betul.. 0.55% pasti dari asuransi kartu kredit Bank Mandiri yang bernama Mandiri Protection atau ManPro. Permasalahannya, saya merasa tidak pernah apply aplikasi ini dan seingat saya tidak pernah menyetujui jika ada telemarketing yang menawarkannya.
Untuk memastikan dan kemudian meminta koreksinya, saya langsung menanyakan hal tersebut di official twitter @mandiricard seperti biasa jika ada kejanggalan.
Saya: "Selamat pagi, saya mau tanya, kok tagihan kartu kredit saya berbeda dengan jumlah pemakaian ya, ada kelebihan sekitar Rp. 21.736 (sekitar 0.55% dari total pemakaian saya bulan kemarin). Sebagai info, saya tidak pernah apply mandiri protection. Saya belum terima tagihan via emailnya, tapi bisa saya cek di tagihannya di internet banking dan ada ketidakpahaman seperti di atas, terima kasih."
@mandiricard: "Selamat pagi Pak, mohon ditunggu ya kami bantu pengecekannya."
@mandiricard: "Berdasarkan pembicaraan Bpk dgn staf kami tgl 11 Maret 2017 Bpk setuju dgn asuransi mandiri protection saat ditawarkan oleh staf kami, mohon konfirmasinya ya Pak? Tks ~Name"
Berhubung saya merasa tidak pernah menyetujui, saya pun membalas pesan tersebut:
Saya: "Saya tidak pernah menyetujui, yang saya ingat setelah telemarketing memperkenalkan diri dan menawarkan produk, telpon saya diamkan dan saya tidak menjawab sama sekali sampai akhirnya sambungan terputus. Silahkan saja cek rekamannya".
@mandiricard: "Baik Pak, mohon konfirmasinya apakah asuransi mandiri protectionnya ingin dibatalkan? Tks ~ Name"
Saya: "Saya ngak apply kok, tagihan yang muncul sekarang bagaimana?"
@mandiricard: "Berdasarkan data kami di kedua kartu Bpk sudah terdaftar asuransi mandiri protection. Apakah ingin dibatalkan di kedua kartunya? Tks"
@mandiricard: "Utk tagihan yg muncul tgl cetak 1/04 akan kami bantu ajukan koreksinya. Tks ~ Name"
Saya: "Tolong dibatalkan semua mandiri protection yang tanpa persetujuan dari kami tersebut. Tagihan yang muncul sekarang tolong dibantu koreksinya. terima kasih."
@Mandiricard: "Baik utk pembatalan & pengajuan koreksi tagihan kami bantu proses di hari & jam kerja. Tks ~ Name"
Sekarang tinggal menunggu proses pembatalan dan koreksi yang dijanjikan akan dilakukan di jam kerja. Tagihan asuransi manpro ini sebenarnya kecil, tetapi saya merasa tidak pernah apply/ tidak pernah setuju. Jadi sekecil apapun tetap tidak terasa nyaman, bukan hak ya jangan dipaksakan. Dengan limit kartu kredit yang masih 1 digit, saya merasa belum ada manfaatnya menggunakan manpro, beda soal kalau limit dah di atas 50 juta, untuk perlindungan okelah.
Esoknya, tanggal 3 April 2017 sore, saya kembali menanyakan perkembangan keluhan saya, oleh @mandiricard disuruh menunggu karena sudah proses.
Tanggal 5 April 2017, saya mendapatkan tagihan kartu kredit yang dikirim via email (e-statement), tagihan mandiri protection muncul di tagihan.
Tanggal 6 April 2017, saya membayar lunas tagihan kartu kredit, tentu termasuk didalamnya tagihan mandiri protection. Saya menggunakan kartu kredit ini untuk bisnis, jadi hanya sebagai pengganti uang tunai saja. Begitu tagihan via email keluar, biasanya langsung saya bayar lunas.
Tanggal 8 April 2017 pagi, saya cek di internet banking nampak ada yang berbeda. Sudah ada koreksi dari tagihan kartu kredit dengan bertambahnya limit kartu kredit sejumlah Rp. 21.736. Tagihan mandiri protection di bulan Maret telah dikoreksi dan dikembalikan ke limit kartu kredit saya. Case close, berakhir dengan happy ending.
Sedikit saran buat Anda yang mengalami nasib seperti saya, tidak merasa menyetujuai mandiri protection akan tetapi muncul di tagihan, ada baiknya tetap positif thinking dan komplain secara prosedual dan runtut seperti saya. Semua permasalahan bisa diselesaikan dengan baik-baik.
Saya menghitung ada perbedaan sekitar Rp. 21.736 lebih besar daripada catatan. Saya kembali mengecek penggunaan kartu kredit, mungkin ada catatan yang terlewat. Dua sampai tiga kali saya terus mengcrosscek, tetapi tidak menemui adanya kesalahan di catatan.
Saya sebenarnya bisa menunggu sampai tagihan kartu kredit dikirim via email 3-4 hari lagi untuk memastikan dimana letak penyebab adanya selisih tersebut, tetapi rasa penasaran saya lebih besar daripada kesabaran.
Jumlah Rp. 21.736 ternyata adalah sebesar 0.55% dari total tagihan di catatan. Angka persen yang sangat familiar buat saya sebagai cardholder kartu kredit mandiri. Betul.. 0.55% pasti dari asuransi kartu kredit Bank Mandiri yang bernama Mandiri Protection atau ManPro. Permasalahannya, saya merasa tidak pernah apply aplikasi ini dan seingat saya tidak pernah menyetujui jika ada telemarketing yang menawarkannya.
Untuk memastikan dan kemudian meminta koreksinya, saya langsung menanyakan hal tersebut di official twitter @mandiricard seperti biasa jika ada kejanggalan.
Saya: "Selamat pagi, saya mau tanya, kok tagihan kartu kredit saya berbeda dengan jumlah pemakaian ya, ada kelebihan sekitar Rp. 21.736 (sekitar 0.55% dari total pemakaian saya bulan kemarin). Sebagai info, saya tidak pernah apply mandiri protection. Saya belum terima tagihan via emailnya, tapi bisa saya cek di tagihannya di internet banking dan ada ketidakpahaman seperti di atas, terima kasih."
@mandiricard: "Selamat pagi Pak, mohon ditunggu ya kami bantu pengecekannya."
@mandiricard: "Berdasarkan pembicaraan Bpk dgn staf kami tgl 11 Maret 2017 Bpk setuju dgn asuransi mandiri protection saat ditawarkan oleh staf kami, mohon konfirmasinya ya Pak? Tks ~Name"
Berhubung saya merasa tidak pernah menyetujui, saya pun membalas pesan tersebut:
Saya: "Saya tidak pernah menyetujui, yang saya ingat setelah telemarketing memperkenalkan diri dan menawarkan produk, telpon saya diamkan dan saya tidak menjawab sama sekali sampai akhirnya sambungan terputus. Silahkan saja cek rekamannya".
@mandiricard: "Baik Pak, mohon konfirmasinya apakah asuransi mandiri protectionnya ingin dibatalkan? Tks ~ Name"
Saya: "Saya ngak apply kok, tagihan yang muncul sekarang bagaimana?"
@mandiricard: "Berdasarkan data kami di kedua kartu Bpk sudah terdaftar asuransi mandiri protection. Apakah ingin dibatalkan di kedua kartunya? Tks"
@mandiricard: "Utk tagihan yg muncul tgl cetak 1/04 akan kami bantu ajukan koreksinya. Tks ~ Name"
Saya: "Tolong dibatalkan semua mandiri protection yang tanpa persetujuan dari kami tersebut. Tagihan yang muncul sekarang tolong dibantu koreksinya. terima kasih."
@Mandiricard: "Baik utk pembatalan & pengajuan koreksi tagihan kami bantu proses di hari & jam kerja. Tks ~ Name"
Sekarang tinggal menunggu proses pembatalan dan koreksi yang dijanjikan akan dilakukan di jam kerja. Tagihan asuransi manpro ini sebenarnya kecil, tetapi saya merasa tidak pernah apply/ tidak pernah setuju. Jadi sekecil apapun tetap tidak terasa nyaman, bukan hak ya jangan dipaksakan. Dengan limit kartu kredit yang masih 1 digit, saya merasa belum ada manfaatnya menggunakan manpro, beda soal kalau limit dah di atas 50 juta, untuk perlindungan okelah.
Esoknya, tanggal 3 April 2017 sore, saya kembali menanyakan perkembangan keluhan saya, oleh @mandiricard disuruh menunggu karena sudah proses.
Tanggal 5 April 2017, saya mendapatkan tagihan kartu kredit yang dikirim via email (e-statement), tagihan mandiri protection muncul di tagihan.
Mandiri Protection muncul di tagihan |
Tanggal 8 April 2017 pagi, saya cek di internet banking nampak ada yang berbeda. Sudah ada koreksi dari tagihan kartu kredit dengan bertambahnya limit kartu kredit sejumlah Rp. 21.736. Tagihan mandiri protection di bulan Maret telah dikoreksi dan dikembalikan ke limit kartu kredit saya. Case close, berakhir dengan happy ending.
Sedikit saran buat Anda yang mengalami nasib seperti saya, tidak merasa menyetujuai mandiri protection akan tetapi muncul di tagihan, ada baiknya tetap positif thinking dan komplain secara prosedual dan runtut seperti saya. Semua permasalahan bisa diselesaikan dengan baik-baik.
Pada bagian bawah billing statement kk mandiri tertulis: protection. Keluarga dan ahli waris anda terlindungi dari kewajiban melunasi dst.. Pertanyaannya, mengapa ditulis hal tsb jika ternyata pemilik kk tidak sertamerta terproteksi krn untuk mendapat proteksi harus ikut asuransi dahulu.
ReplyDelete